- Dikumpulkan dari berbagai sumber yang bisa diakses bebas. E.g. komunitas mailing list, email, internet, komputer temen, buku-buku games yang banyak
- Pengelompokkan games tidak dimaksudkan sebagai sesuatu hal yang mutlak, tergantung 'ngeyelnya'.
- Semua games bisa dilakukan dengan banyak variasi dan gaya, sesuai dengan situasi, kondisi, toleransi, pandangan dan jangkauan anda, yang penting pastikan ada foreplay terlebih dahulu, biar lebih mengena dan terasa puasnya.
- Menentukan sikap (attitude) apa saja yang
perlu ada sebagai bentuk
lebih konkrit dari training value yang akan ditanamkan - menentukan bentuk perilaku konkrit apa saja
yang diharapkan dari
sikap tersebut - Tentukan simulasi apa yang dibutuhkan, serta
SKENARIO FASILITASI yang perlu dibangun. FASILITASI adalah hal yang
sebenarnya krusial, bukan simulasinya. Simulasi hanya berfungsi untuk menstimulasi peserta agar berpikir, namun proses menarik pemahaman justru terjadi pada fasilitasi.
1. Karyawan/Dewasa
Biasanya para peserta ini lebih hot bila diajak Ice breaker yang gila2, bahkan bila diajak maen outdoor mereka-mereka ini bisa sampai lepas baju dsb. hehehe...
Gampang diajak diskusi & klo kasih Ice breaker kasih aja yang aneh-aneh dan gila-gila. Pasti tambah cair suasana... misalnya: kokology yang interpretasinya mengarah ke 17 tahun keatas, gerakan kreativitas masing2 peserta dll
2. Mahasiswa/Muda
Untuk peserta ini, klo diajak Ice breaker yang gila-gila seperti diatas agak kurang dahsyat... tetep ruameee tai sedikit malu-2. Selain gampang diajak diskusi, para peserta yang usia ini sangat mudah untuk diajak bernyanyi sambil bergoyang bersama. Mungkin karena jiwa muda khan lebih sering megikuti musik dan hiburan.
3. SMA/ABG
Klo peserta yang ini agak sulit diajak diskusi atau menarik refleksi.. harus dipancing dan pra kondisi dulu (klo 3 hari 2 malam pelatihan hari 1 harus mulai dibangun metode Andragogy yang cukup kuat). Agak malu-malu klo diajak maen yang gila-gila... tapi tetep sama klo diajak bermain sambil bernyanyi dan bergoyang akan semakin meriah... Apalagi pakai lagu2 & prokem-2 populer
Tabel Penilaian
- Dua tim atau semua tim memilih B (Keluar) --> semua tim harus membayar kepada Bankir masing-masing sebesar £150
- Dua tim atau semua tim memilih A (Kerjasama) --> Bankir membayar kepada seluruh tim masing-masing sebesar £300
- Satu tim memilih B (Keluar) dan tim lainnya memilih A (Kerjasama) --> Bankir membayar £1.000 kepada tim yang memilih B dan tim lainnya masing-masing harus membayar kepada bankir sebesar £250
- Jika lebih dari satu tim memilih B (Keluar) dan A (Kerjasama) - Bankir mengambil £150 dari masing-masing tim (berlaku jika lebih dari dua tim yang bermain)