Beberapa bulan yang lalu saya pernah mengunggah file perangkat bahasa jawa semester 1 di blog ini juga dan sekarang akan saya unggah kembali file perangkat bahasa jawa semester 2 semoga bermanfaat
Program semester/PROMES Bahasa Jawa SD Kelas 1
Program semester/PROMES Bahasa Jawa SD Kelas 2
Program semester/PROMES Bahasa Jawa SD Kelas 3
Program semester/PROMES Bahasa Jawa SD Kelas 4
Program semester/PROMES Bahasa Jawa SD Kelas 5
Program semester/PROMES Bahasa Jawa SD Kelas 6
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 1
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 2
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 3
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 4
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 5
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 6
Salah satu contoh dari RPP tersebt di atas misalnya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN REJOSARI
Kelas/Semester : I (satu) / 2 (genap)
Tema : Pasar
Aspek : Mendengarkan
Pertemuan ke : 1
I. IDENTITAS MATA PELAJARAN
Bahasa Jawa
II. STANDAR KOMPETENSI
5. Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi/suara dan bunyi bahasa, : pesan, ungkapan, cerita, dongeng, percakapan sederhana dan
melakukan sesuatu sesuai dengan perintah.
III. KOMPETENSI DASAR
Nyemak
5.1. Mendengarkan pesan lisan dalam ragam ngoko dan ngoko alus
IV. INDIKATOR PENCAPAIN KOMPETENSI
5.1.1. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi pesan
5.1.2. Melakaukan kegItan sesuai isi pesan
V. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat :
- Menjawab pertanyaan berdasarkan pesan lisan
- Melakukan kegItan sesuai isi pesan lisan
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa siswa yang diharapkan :
Bersahabat/Komunikatif
Gemar Membaca
VI. MATERI AJAR
- Nyemak dhauh
- pengendikan
VII. ALOKASI WAKTU
2 x 35 menit
VIII. METODE PEMBELAJARAN
Contoh, Tanya jawab, Latihan
IX. KEGITAN PEMBELAJARAN
A. KegItan awal :
a. Guru mengkondisikan kelas
b. Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar
c. Guru mengabsen siswa
d. Mengemukakan tujuan pembelajaran “Nyemak dhauh, pengendikan”
B. KegItan Inti
1. Eksplorasi
1.1. Bertanya jawab tentang kegItan sehari-hari dengan guru dan teman.
1.2. Menjelaskan suatu kegItan secara lengkap: waktu, tempat, dan nama kegItannya.
1.3. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, medI pembelajaran dan sumber
belajar lain.
1.4. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antar siswa dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya
1.5. Melibatkan siswa secara aktif dalam setIp kegItan
2. Elaborasi
2.1. Memfasilitasi siswa melalui pemberIn tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
2.2. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan
bertindak tanpa rasa takut.
2.3. Memfalitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan koloboratif
2.4. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
2.5. Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis secara individual maupun kelompok
2.6. Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok
2.7. MemfasilIsi siswa melakukan kegItan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri siswa
3. Konfirmasi
3.1. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi siswa melalui berbagai sumber
3.2. Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan
3.3. Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar :
- Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa
yang menghadapi kesulitan, dengan mengunakan bahasa yang baku dan benar.
- Membantu menyelesaikan masalah siswa dapat melakukan pengecekan hasil
eksplorasi
- Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh, dan
- Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
C. Penutup
1. Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran
2. Merencanakan kegItan lebih lanjut dalam bentuk pembelajaran remedIl, program
pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
3. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
X. PENILAIN HASIL BELAJAR
A. Prosedur
PenilaIn dilakukan selama proses pembelajaran
B. Jenis Tes : lisan
C. Alat tes : Soal tes, Kunci jawaban dan Skor
KETERKAITAN SK -KD DAN INDIKATOR BUDAYA KARAKTER BANGSA
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa Indikator Budaya dan Karakter bangsa
Bersahabat/
Komunikatif
Bekerja sama dalam kelompok di kelas.
Berbicara dengan teman sekelas.
Bergaul dengan teman sekelas ketika istirahat.
Bergaul dengan teman lain kelas.
Bekerja sama dalam kelompok di kelas.
Gemar Membaca Membaca buku atau tulisan yang diwajibkan guru.
Membaca buku-buku cerita yang ada di perpustakaan
sekolah.
Membaca koran atau majalah dinding.
Membaca buku yang ada di rumah tentang flora, fauna,
dan alam.
XI. SUMBER BELAJAR
- Remen Basa Jawi SD/MI Kls. I, oleh Tim pena Guru Penerbit : Erlangga hal. 65-67
- Kaset, Keyboard
Mengetahui
Kepala Sekolah
PONIJAH, S.Pd.SD
NIP 19620818 198405 2 005
Rejosari, 2 Januari 2015
Guru Tematik Kelas I
SALAMAH, S .Pd. SD
NIP 19630225 198603 2 004