Dalam LMS Guru pembelajar sekarang banyak yang memulai dari pembelajaran dari modul B dan sebagian ada juga dimulai dari Modul C. Beberapa hari yang lalu saya sudah berbagi KISI KISI SOAL TES AKHIR GURU PEMBELAJAR MODUL B KELAS TINGGI, juga MODUL A kelas awal dan kelas tinggi. Dalam Modul B kelas awal khusus kompetensi dipelajari tentang Teori belajar akan sangat membantu pengajar dalam membelajarkan siswa. Dengan memahami teori belajar, pengajar akan memahami proses terjadinya belajar pada manusia. Pengajar akan mengetahui apa yang harus dilakukan sehingga siswa dapat belajar dengan optimal. Tidak ada satupun teori yang dapat menjelaskan secara tuntas semua seluk beluk belajar manusia. Oleh sebab itu dalam mengaplikasikan teori belajar, hendaknya tidak terpaku pada satu atau dua teori belajar tertentu saja, melainkan disesuaikan dengan kondisi faktual, keberagaman, tingkat perkembangan dan sasaran serta tujuan belajar. Untuk lebih mengoptimalkan hasil pembelajaran, guru perlu memadukan beberapa teori belajar. Namun harus diperhatikan bahwa tidak semua teori belajar dapat dipadukan, karena berangkat dari asumsi-asumsi yang berbeda dalam penyusunan teori belajar tersebut
berikut ini ada contoh soal yang berkaitan dengan Kompetensi maupun Indikatornya
Kompetensi Inti Guru
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MI
Indikator Pencapaian Kompetensi
Merancang kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan pembelajaran yang dipilih
AYOO belajar bareng peserta, instruktur nasional, mentor, admin serta pengampu guru pembelajar di sini
1. Guru kelas 1 menyajikan materi operasi bilangan asli dengan teori bruner menggunkaan langkah Ikonik. Yang harus guru lakukan adalah …..
a. Siswa mamanipulasi objek secara langsung
b. Guru menyajikan gambar apel dipapan tulis
c. Guru menuliskan simbol bilangan dipapan tulis
d. Guru membawa benda konkrit
PROFESIONAL
Kompetensi Inti Guru
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. Kompetensi Guru Mata Pelajaran
Teori dan Genre Sastra
Indikator Pencapaian Kompetensi
Menyebutkan teori sastra Indonesia.
1. "karya lisan atau tulisan yang memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keorisinalan, keartistikan, keindahan dalam isi, dan ungkapanya" adalah teori sastra berdasarkan …..
a. Engleton
b. Panuti Sudjiman
c. Luxemberg
d. Piaget
KISI KISI SOAL TES AKHIR GURU PEMBELAJAR MODUL A KELAS AWAL
KISI KISI SOAL TES AKHIR GURU PEMBELAJAR MODUL A KELAS TINGGI
KISI KISI SOAL TES AKHIR GURU PEMBELAJAR MODUL B KELAS TINGGI
KISI KISI SOAL TES AKHIR GURU PEMBELAJAR MODUL B KELAS AWAL
Semoga Bermanfaat