Penjelasan Error pada Formula Excel

Kemarin sudah saya share tentang mengatasi formula error pada excel, dan kali ini kelanjutan dari yang kemarin berkaitan dengan errornya formula kita saat menggunakan excel

#NAME? 
Formula menggunakan nama atau pengenal (identifier) yang tidak dikenal oleh Excel. Ini dapat terjadi jika kita : menghapus sebuah nama yang masih digunakan dalam formula; salah mengetik nama atau fungsi yang ada; lupa menggunakan tanda titik dua (:) pada alamat range; atau teks yang ada di dalam formula tidak diapit oleh kutip.

#NULL! 
Formula yang bersangkutan menggunakan intersection operator (operator spasi – baca “Nama sebagai referensi” untuk keterangan lebih lanjut) terhadap dua range tapi tidak saling bersinggungan satu sama lain. Ini
juga mungkin terjadi jika kita lupa menambahkan tanda koma (,) sebagai pemisah range. Untuk mengatasi masalah ini kita bisa : memeriksa ulang dua range yang menggunakan intersection operator, misalnya terdapat formula =A1:A5 B1:E1 dimana tidak terdapat cell yang merupakan persinggungan. Kita bisa mengubahnya menjadi =A1:A5 A1:E1; atau memastikan bahwa tanda koma digunakan sebagai pemisah dua range, misalnya kita ingin mentotal nilai yang ada di range A1:A5 dan range C1:C5 maka formula yang benar harus berbentuk =SUM(A1:A5,C1:C5) dan bukannya =SUM(A1:A5 C1:C5).

#NUM! 
Error ini muncul jika terjadi kesalahan menggunakan bilangan dalam formula atau fungsi yang ada. Ini biasanya muncul jika : mengirimkan parameter/argumen yang jenisnya bukan bilangan untuk parameter/argumen yang membutuhkan bilangan; atau membuat formula yang menghasilkan bilangan yang terlalu besar atau terlalu kecil yang Excel bisa tampilkan. Untuk mengatasi masalah ini pastikan bahwa hasil dari formula yang ada harus berkisar antara –1*10307 sampai 1*10307.

#REF! 
Formula yang ada menggunakan referensi alamat cell/range yang tidak benar. Ini biasanya terjadi jika kita menghapus cell/range yang masih digunakan oleh formula lain.

#VALUE! 
Error ini akan muncul jika kita mengirimkan parameter atau operand yang jenisnya berbeda dengan yang dibutuhkan. Ini biasanya terjadi jika : kita memasukkan data teks sedangkan yang dibutuhkan adalah data
bilangan atau data logika. Misalnya : cell A5 berisi 15 dan cell A6 berisi “Contoh”, kemudian kita mencoba membuat formula di cell A7 menjadi =A5+A6; atau kita mengirimkan alamat range sedangkan yang dibutuhkan adalah data tunggal atau satu alamat cell.