Perangkat Bahasa Jawa SD Semester 2

Beberapa bulan yang lalu saya pernah mengunggah file perangkat bahasa jawa semester 1 di blog ini juga dan sekarang akan saya unggah kembali file perangkat bahasa jawa semester 2 semoga bermanfaat

Program semester/PROMES Bahasa Jawa SD Kelas 1
Program semester/PROMES Bahasa Jawa SD Kelas 2
Program semester/PROMES Bahasa Jawa SD Kelas 3
Program semester/PROMES Bahasa Jawa SD Kelas 4
Program semester/PROMES Bahasa Jawa SD Kelas 5

Program semester/PROMES Bahasa Jawa SD Kelas 6

RPP Bahasa Jawa SD Kelas 1
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 2
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 3
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 4
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 5
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 6 

Salah satu contoh dari RPP tersebt di atas misalnya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SDN REJOSARI
Kelas/Semester : I (satu) / 2 (genap)
Tema : Pasar
Aspek : Mendengarkan

Pertemuan ke : 1

I. IDENTITAS MATA PELAJARAN
Bahasa Jawa

II. STANDAR KOMPETENSI
5. Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi/suara dan bunyi bahasa, : pesan, ungkapan, cerita, dongeng, percakapan sederhana dan
melakukan sesuatu sesuai dengan perintah.

III. KOMPETENSI DASAR
Nyemak
5.1. Mendengarkan pesan lisan dalam ragam ngoko dan ngoko alus

IV. INDIKATOR PENCAPAIN KOMPETENSI
5.1.1. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi pesan
5.1.2. Melakaukan kegItan sesuai isi pesan

V. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat :
- Menjawab pertanyaan berdasarkan pesan lisan
- Melakukan kegItan sesuai isi pesan lisan

Nilai Budaya dan Karakter Bangsa siswa yang diharapkan :
 Bersahabat/Komunikatif
 Gemar Membaca

VI. MATERI AJAR
- Nyemak dhauh
- pengendikan

VII. ALOKASI WAKTU
2 x 35 menit

VIII. METODE PEMBELAJARAN
 Contoh, Tanya jawab, Latihan

IX. KEGITAN PEMBELAJARAN
A. KegItan awal :
a. Guru mengkondisikan kelas
b. Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar
c. Guru mengabsen siswa
d. Mengemukakan tujuan pembelajaran “Nyemak dhauh, pengendikan”

B. KegItan Inti

1. Eksplorasi

1.1. Bertanya jawab tentang kegItan sehari-hari dengan guru dan teman.

1.2. Menjelaskan suatu kegItan secara lengkap: waktu, tempat, dan nama kegItannya.

1.3. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, medI pembelajaran dan sumber

belajar lain.

1.4. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antar siswa dengan guru,

lingkungan, dan sumber belajar lainnya

1.5. Melibatkan siswa secara aktif dalam setIp kegItan

2. Elaborasi

2.1. Memfasilitasi siswa melalui pemberIn tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan

gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.

2.2. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan

bertindak tanpa rasa takut.

2.3. Memfalitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan koloboratif

2.4. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar

2.5. Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun

tertulis secara individual maupun kelompok

2.6. Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok

2.7. MemfasilIsi siswa melakukan kegItan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa

percaya diri siswa

3. Konfirmasi

3.1. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi siswa melalui berbagai sumber

3.2. Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang

telah dilakukan

3.3. Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai

kompetensi dasar :

- Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa

yang menghadapi kesulitan, dengan mengunakan bahasa yang baku dan benar.

- Membantu menyelesaikan masalah siswa dapat melakukan pengecekan hasil

eksplorasi

- Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh, dan

- Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

C. Penutup

1. Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran

2. Merencanakan kegItan lebih lanjut dalam bentuk pembelajaran remedIl, program

pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun

kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa

3. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

X. PENILAIN HASIL BELAJAR

A. Prosedur

PenilaIn dilakukan selama proses pembelajaran

B. Jenis Tes : lisan

C. Alat tes : Soal tes, Kunci jawaban dan Skor

KETERKAITAN SK -KD DAN INDIKATOR BUDAYA KARAKTER BANGSA

Nilai Budaya dan Karakter Bangsa Indikator Budaya dan Karakter bangsa

Bersahabat/

Komunikatif

Bekerja sama dalam kelompok di kelas.

Berbicara dengan teman sekelas.

Bergaul dengan teman sekelas ketika istirahat.

Bergaul dengan teman lain kelas.

Bekerja sama dalam kelompok di kelas.

Gemar Membaca Membaca buku atau tulisan yang diwajibkan guru.

Membaca buku-buku cerita yang ada di perpustakaan

sekolah.

Membaca koran atau majalah dinding.

Membaca buku yang ada di rumah tentang flora, fauna,

dan alam.

XI. SUMBER BELAJAR

- Remen Basa Jawi SD/MI Kls. I, oleh Tim pena Guru Penerbit : Erlangga hal. 65-67

- Kaset, Keyboard

Mengetahui

Kepala Sekolah

PONIJAH, S.Pd.SD

NIP 19620818 198405 2 005

Rejosari, 2 Januari 2015

Guru Tematik Kelas I

SALAMAH, S .Pd. SD

NIP 19630225 198603 2 004