100 Macam Ice Breaking Cocok untuk Kegiatan di Kelas/Workshop

Dalam setiap kegiatan workshop amat perlu disajikan permainan berupa ice breaking untuk mencairkan suasana. Terkadang peserta mudah mengingat ice breakingnya daripada materi yang diberikan, seperti yang pernah saya alami. Ice breaking diberikan oleh mentor biasanya saat peserta sudah merasa penat dengan kegiatan workshop sehingga perlu penyegaran kembali.

File ini berupa file chm (biasanya seperti file help pada aplikasi office/windows) BUKAN PDF namun navigasinya begitu mudah dan filenya tidak begitu besar sekitar 425 Kb. File ini merupakan
  • Dikumpulkan dari berbagai sumber yang bisa diakses bebas. E.g. komunitas mailing list, email, internet, komputer temen, buku-buku games yang banyak 
  • Pengelompokkan games tidak dimaksudkan sebagai sesuatu hal yang mutlak, tergantung 'ngeyelnya'.
  • Semua games bisa dilakukan dengan banyak variasi dan gaya, sesuai dengan situasi, kondisi, toleransi, pandangan dan jangkauan  anda, yang penting pastikan ada foreplay terlebih dahulu, biar lebih mengena dan terasa puasnya.
Tahapan pendahuluan yang perlu dilakukan sebelumnya untuk internalisasi training value.
  • Menentukan sikap (attitude) apa saja yang perlu ada sebagai bentuk
    lebih konkrit dari training value yang akan ditanamkan
  • menentukan bentuk perilaku konkrit apa saja yang diharapkan dari
    sikap tersebut
  • Tentukan simulasi apa yang dibutuhkan, serta SKENARIO FASILITASI yang perlu dibangun. FASILITASI adalah hal yang
    sebenarnya krusial, bukan simulasinya. Simulasi hanya berfungsi untuk  menstimulasi peserta agar berpikir, namun proses menarik pemahaman justru terjadi pada fasilitasi.

Ketika memberikan pelatihan, ada beberapa tipe audiens yang menarik:

1. Karyawan/Dewasa
Biasanya para peserta ini lebih hot bila diajak Ice breaker yang gila2, bahkan bila diajak maen outdoor mereka-mereka ini bisa sampai lepas baju dsb. hehehe...
Gampang diajak diskusi & klo kasih Ice breaker kasih aja yang aneh-aneh dan gila-gila. Pasti tambah cair suasana... misalnya: kokology yang interpretasinya mengarah ke 17 tahun keatas, gerakan kreativitas masing2 peserta dll

2. Mahasiswa/Muda
Untuk peserta ini, klo diajak Ice breaker yang gila-gila seperti diatas agak kurang dahsyat... tetep ruameee tai sedikit malu-2. Selain gampang diajak diskusi, para peserta yang usia ini sangat mudah untuk diajak bernyanyi sambil bergoyang bersama. Mungkin karena jiwa muda khan lebih sering megikuti musik dan hiburan.

3. SMA/ABG
Klo peserta yang ini agak sulit diajak diskusi atau menarik refleksi.. harus dipancing dan pra kondisi dulu (klo 3 hari 2 malam pelatihan hari 1 harus mulai dibangun metode Andragogy yang cukup kuat). Agak malu-malu klo diajak maen yang gila-gila... tapi tetep sama klo diajak bermain sambil bernyanyi dan bergoyang akan semakin meriah... Apalagi pakai lagu2 & prokem-2 populer 

Salah satu contoh permainan yang ada di dalam file tersebut adalah

Permainan Menang-menang- didasarkan pada permainan puzzle "Dilema Tahanan"

Dimainkan oleh Dua (lebih baik) atau lebih tim, berpasangan atau perorangan.  Tujuannya adalah memenangkan sebanyak mungkin uang dari Bankir (Fasilitator).  Bankir dan tim menghitung neraca debit dan kredit.  Masing-masing tim (atau pasangan/perorangan) harus memilih A (Kerjasama) atau B (Keluar) di tiap-tiap putaran permainan.  Uang yang ada diberikan atau diambil oleh Bankir sesuai dengan nilai yang diperoleh, lihat tabel dibawah. 
Mainkan sebanyak mungkin putaran permainan hingga peserta menemukan kesimpulan mengenai keuntungan dan kerugian dalam bekerjasama.

Tabel Penilaian
  1. Dua tim atau semua tim memilih B (Keluar) --> semua tim harus membayar kepada Bankir masing-masing sebesar  £150
  2. Dua tim atau semua tim memilih A (Kerjasama) --> Bankir membayar kepada seluruh tim masing-masing sebesar  £300
  3. Satu tim memilih B (Keluar) dan tim lainnya memilih A (Kerjasama) --> Bankir membayar £1.000 kepada tim yang memilih B dan tim lainnya masing-masing harus membayar kepada bankir sebesar £250
  4. Jika lebih dari satu tim memilih B (Keluar) dan A (Kerjasama) - Bankir mengambil £150 dari masing-masing tim (berlaku jika lebih dari dua tim yang bermain) 
Silakan unduh filenya di sini